PERKUAT PENGELOLAAN KEUDA, KEMENDAGRI GELAR RAKERNAS

PERKUAT PENGELOLAAN KEUDA, KEMENDAGRI GELAR RAKERNAS

Dalam rangka sinkronisasi pengelolaan keuangan daerah, Kemendagri melalui Ditjen Bina Keuangan Daerah bekerjasama dengan Pemkot Tangerang Selatan mengadakan Rakernas Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2023 pada tanggal 20 dan 21 September 2023.


Rakernas yang diselenggarakan di Swiss-Belhotel Serpong Tangsel ini diawali dengan acara gala dinner oleh Walikota Tangerang Selatan dan keesokan harinya dilanjutkan dgn Rakernas sehari penuh yg dihadiri para Sekda, Inspektur, BPKAD, Bapperida Provinsi, Kab/Kota seluruh Indonesia selaku unsur TAPD.


Kegiatan Rakernas yg dibuka secara resmi oleh Mendagri melalui Dr. Agus Fatoni, Dirjen Bina Keuda ini menghadirkan para narasumber antara lain dr Stranas KPK, Kemenkeu, KPU, Bawaslu dan Ses Dirjen serta para Direktur pada Ditjen Keuda Kemendagri dgn moderator Kepala BPKAD Kota Tangsel.


Beberapa topik yang diangkat dalam diskusi ini antara lain implementasi aplikasi SIPD secara nasional, digitalisasi sistem dalam rangka pencegahan korupsi, kebijakan dana transfer daerah, upaya peningkatan PAD, inovasi daerah, percepatan serapan anggaran, sharing Pemda dalam pendanaan Pemilu, kartu kredit Pemda, dana abadi daerah dll. Dalam Rakernas ini juga ditekankan peran aktif APIP dalam mengawal pengelolaan keuangan daerah, antara lain review digital dalam aplikasi SIPD, e-Katalog, TKDN, l pengendalian inflasi daerah, penanganan stunting, kemiskinan ekstrim dsb.


Sementara alasan dipilihnya Kota Tangsel sebagai lokasi Rakernas antara lain keberhasilan Tangsel dalam pengelolaan Keuda yang dibuktikan dgn WTP 11 kali berturut-turut dan kapasitas fiskalnya yang sangat tinggi terutama dalam menggali sumber2 PAD yang angkanya tembus Rp. 1,2 T serta inovasi daerah serta program prioritasnya yang sangat menonjol seperti rehab sekolah, BOSDA, santunan kematian, RW Mantap, Ngider Kampung utk layanan kesehatan keliling dll (scada).