PANTAU PERKEMBANGAN DOB, BPKP MONEV PAPUA SELATAN

PANTAU PERKEMBANGAN DOB, BPKP MONEV PAPUA SELATAN

Tim BPKP Perwakilan Papua melakukan Monitoring Progres Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Selatan Tahun 2023, bertempat di Inspektorat Daerah Provinsi Papua Selatan tanggal 11 s/d 15 September 2023.

Ketua Tim Nugroho Putra Utama, menyampaikan bahwa “Progres yang dilihat adalah terkait Informasi Keuangan, Kepegawaian/SDM, Sarana dan Prasarana/Aset, Pelayanan Dasar Pendidikan dan Pelayanan Dasar Kesehatan, kesiapan Provinsi Papua Selatan untuk menyiapkan semuanya termasuk melihat capaian yang telah dilakukan serta kendala maupun solusinya.

Penugasan ini serentak dilakukan di seluruh DOB Untuk Provinsi Papua Selatan tercatat masih terdapat kekurangan terutama terkait regulasi masih belum semuanya terisi, namun secara umum untuk aturan pelaksanaan seperti SOTK dan personil untuk melaksanakan kegiatan itu sudah mulai terpenuhi.

 

Terkait keuangan ditemukan bahwa penyerapan anggaran masih rendah. Selanjutnya untuk SDM masih terdapat kekurangan di berbagai OPD namun sementara dalam proses pemenuhan melalui relokasi tahap kedua. Pada sektor pendidikan terdapat belum adanya serah terima asset maupun terbatasnya SDM di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dimana dinas ini mengemban amanat 20% dari APBD termasuk DAU pendidikan.

Terhadap pelayanan kesehatan belum terdapat rumah sakit rujukan Provinsi ataupun pendukungnya seperti gudang farmasi, namun master plannya sudah mulai disusun dan mulai tertata dengan baik. Harapannya dari hasil monitoring ini akan memberikan rekomendasi-rekomendasi yang semoga bisa langsung ditindaklanjuti baik yang bersifat urgen maupun bersifat jangka panjang, semoga bisa membantu untuk Provinsi Papua Selatan mewujudkan visi dan misinya. (mariyam).