SERIUSI PEMBERANTASAN KORUPSI, KPK GANDENG PEMPROV GELAR RAKOR PEMBERANTASAN KORUPSI TERINTEGRASI WILAYAH PAPUA SELATAN

SERIUSI PEMBERANTASAN KORUPSI, KPK GANDENG PEMPROV GELAR RAKOR PEMBERANTASAN KORUPSI TERINTEGRASI WILAYAH PAPUA SELATAN

Dalam rangka mendukung program pencegahan dan pemberantasan korupsi di lingkungan pemerintahan daerah, bertempat di Hotel Care Inn Merauke, Gubernur Papua Selatan Dr. Ir. Apolo Safanfo, ST, MT menggandeng KPK menggelar Rapat Koordinasi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Wilayah Papua Selatan Tahun 2023 pada 8 Mei 2023.

Hadir dalam Rakor dimaksud Para Bupati dan Ketua DPRD se-wilayah cakupan Provinsi Papua Selatan,  Sekda Maddaremeng, Inspektur Daerah Sucahyo Agung, Para Kepala OPD, Pejabat Esselon III dan IV di jajaran Pemprov Papua Selatan serta nara sumber pencegahan korupsi antara lain Korsubgah KPK Dian Patria Ali dan rombongan serta Korwas Investigasi BPKP Perwakilan Papua Bapak Mujiyanto terkait teknis Binwas APIP.

Dalam kesempatan tersebut Pj. Gubernur meminta seluruh komponen aparatur pemerintahan dan masyarakat di lingkungan Pemprov Papua Selatan untuk mendukung seluruh program pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten berikut berbagai upaya pemberantasan korupsi di dalamnya. Hal ini urgen guna akselerasi pembangunan, peningkatan layanan pemerintahan dan pembinaan masyarakat pada masa Otsus jilid II yang muaranya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat di Bumi Animha yang dirasakan masih jauh dari harapan.

Korsubgah KPK Dian Patria Ali menyoroti masih tingginya kasus-kasus korupsi yang terjadi dalam birokrasi pemerintahan, terutama di Tanah Papua dan berharap sebagai DOB, Papua Selatan bisa menjadi pelopor dalam upaya pencegahan dan penanganannya antara lain melalui perbaikan menejemen keuangan dan aset Barang Milik Daerah (BMD), penerapan dan penilaian Monitoring Preventions of Corruption (MCP) serta Survey Pelayanan Integritas (SPI) yang akan diterapkan juga di Papua Selatan pada tahun 2023 ini.